Kamis, 06 September 2012

Modul: Teknik Pembuatan Proposal dan Laporan

Proposal adalah rencana kerja yang ditulis sebelum kegiatan itu dilaksanakan. Misalnya akan mengadakan kegiatan donor darah. Sebelum kegiatan terbentuk panitia kegiatan. Nah panitia inilah yang membuatnya. Panitia ini merapatkan siapa yang akan diminta donor darah, mengapa dilaksanakan, apa tujuannya, tempatnya di mana, kapan pelaksanaannya, bagaimana prosedurnya, berapa dana yang dibutuhkan. Semua itu direncanakan dalam bentuk tertulis. Nama rencana itu kita namakan PROPOSAL 
Proposal dibuat sebelum kegiatan diadakan. Perhatikan tanggal pembuatan proposal mestinya sebelum kegiatan itu dilaksanakan. Paling tidak dua minggu sebelum pelaksanaan.
Contoh Kerangka Proposal
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Pengantar
4. Pendahuluan
    a. Latar Belakang
    b. Tujuan
    c. Sasaran
5. Nama Kegiatan
6. Waktu Pelaksanaan
7. Bentuk Kegiatan
8. Susunan Acara
9. Rencana Anggaran
10. Penutup
11. Tanggal Pembuatan
12. Nama pembuat proposal
13. Mengetahui Penanggung Jawab

Laporan dibuat setelah melaksanakan kegiatan. Biasanya laporan dibuat sesuai dengan proposal yang telah diajukan dan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan. Apabila kegiatan yang direncanakan tidak dapat dilaksanakan dengan baik harus dilaporkan alasan mengapa tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan proposal.
Susunan laporan;
1. Halaman Judul
2.  Pengantar
3. Pendahuluan
4. Laporan Pelaksanaan Kegiatan
    a. uraian kegiatan
    b. dokumentasi
5. Laporan Keuangan
6. Penutup
7. Tanggal Pembuatan Laporan
8. Nama pembuat laporan
9. Mengetahui Penanggung Jawab

10. Lampiran-lampiran
    a. Daftar Hadir Peserta
    b. Daftar Hadir Panitia

Latihan:
1. Buatlah proposal kegiatan kemahasiswaan!
2. Buatlah laporan kegiatan kemahasiswaan!

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar