Senin, 27 Agustus 2012

Latihan Soal Paragraf

1. Apa yang dimaksud paragraf induktif?

2. Apa yang dimaksud paragraf deduktif?

3. Buatkan 4 pasang kata umum dan kata khusus!

4. Buatkan dua pasang kalimat umum dan kalimat khusus!

5. Apa pengertian paragraf analogi?

6. Buatkan paragraf analogi!

7. Mana yang paragraf analogi?
    A. HP dapat dipakai untuk berkomunikasi. Surat kabar juga dapat dipakai untuk menuliskan berita. Dengan demikian HP dan surat kabar mempunyai kesamaan.
    B. Kipas angin berputar menghasilkan angin untuk membuat nyaman ruangan. Roda berputar untuk menghasilkan gerak kendaraaan di atasnya. Jadi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda.
    C. Korsleting listrik dapat menimbulkan kebakaran. Kebakaran menimbulkan penderitaan. Jadi banyak warga masyarakat kehilangan tempat tinggal karena korsliting listrik.
    D. Induk ayam kampung sangat melindungi anak-anaknya yang masih kecil. Jika ada orang yang mendekat. Induk ayam kampung itu akan menyerangnya. Bagaimana dengan induk manusia yang namanya ibu? Apakah ibu juga akan melindungi anak-anaknya? Seorang ibu yang baik tentu akan melindungi anak-anaknya. Kalau anaknya dinakali orang lain tentu ibunya akan membantu. Jadi seorang ibu yang baik seperti induk ayam kampung.
    E. Induk ayam kampung sangat sayang kepada anak-anaknya yang masih kecil. Karena anaknya masih kecil induknya mencarikan makanan untuk mereka. Untuk mencarikan makanan, induknya mencakar-cakar tanah untuk mendapatkan makan yang diberikan untuk anak-anaknya. Karena anaknya diberi makan setiap hari anak ayam akan menjadi bertambah besar. Setelah anaknya besar barulah anaknya tidak dicarikan makan. Ia disuruh mencari makan sendiri.

8. Tulislah kalimat utamanya!
           Sepeda angin sangat membantu transportasi para pelajar. Mereka dapat berangkat ke sekolah lebih cepat dan lebih murah. Dokar pun sebenarnya juga angkutan yang sangat murah karena dikendalikan oleh binatang yang bahan bakarnya cukup ambil dari ladang berupa rumput. Yang sebenarnya kendaraan tradisional sangat membantu kegiatan warga masyarakat.


9. Apa objek yang dibandingkan dalam paragraf di bawah ini!
    Kertas putih akan menjadi apa tergantung pada orang yang akan memakainya. Kertas itu akan ditulisi dengan catatan harian kegiatan pemakainya. Atau mungkin kertas itu  untuk menggambar pemandangan alam di sekitarnya.  Anak kecil pun begitu baik buruknya tergantung pada orangtuanya dalam mendidik dan mengarahkan. Ia akan menjadi anak yang baik kalau orang tuanya memberi contoh dan mengarahkan ke hal-hal yang baik. Dengan demikian seorang anak seperti kertas putih yang akan diwarnai apa oleh orang dewasa di sekitarnya.

10.Apa hal yang dibandingkan dalam paragraf di bawah ini!
     Tentu anda sudah tahu tanaman hias. Bagaimana merawatnya?  Tanaman yang masih kecil dimasukkan ke pot yang cantik. Setiap hari tanaman itu disiram diberi pupuk dan diawasi supaya tidak hilang atau jatuh. Lama-lama tanaman itu akan menjadi besar dan menjadi tanaman hias yang indah. Begitu juga kalau merawat anak kecil. Kita berikan tempat yang nyaman. Setiap hari diberi asi dan dirawat jangan sampai jatuh atau dicuri orang. Dengan demikian kalau kita simpulkan. Merawat anak kecil seperti merawat tanaman hias.

Jawaban:
1. Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terdapat pada akhir paragraf.
2. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terdapat pada awa paragraf.
3. Empat pasang kata umum dan kata khusus
    a. bunga-anggrek,melati, bougenvil
    b. kendaraan - sepeda,becak, bemo
    c. unggas - ayam,bebek, itik.
    d. binatang - kambing, sapi, kerbau

4. Dua pasang kalimat umum dan kalimat khusus
    a. Bunga yang tumbuh di taman beraneka warna. Bunga anggrek saja ada sepuluh warna.
    b. Kendaraan tradisional tidak menimbulkan polusi. Gerobag sapi juga tidak menimbulkan polusi.

5. Paragraf analogi adalah paragraf yang berisi perbandingan antara dua hal yang kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan persamaan tersebut.

6.Benalu adalah umbuhan yang tumbuh pada tanaman lain. Makanan yang dipakai untuk hidup benalu diambil dari tanaman yang ditempeli. Penyakit kanker juga hidupnya tergantung pada tubuh  pasien. Jadi penyakit kanker hampir sama dengan benalu yang menggerogoti.

7.Paragraf yang analogi adalah D

8. Kalimat utamanya, "Yang sebenarnya kendaraan tradisional sangat membantu kegiatan warga masyarakat."

9. Objeknya kertas putih dan anak kecil.

10. Objeknya merawat tanaman hias dan merawat anak kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar