Rabu, 15 Agustus 2012

Paragraf dan Pengembangannya

Pengertian Paragraf
Paragraf atau alinea adalah kelompok kalimat yang berisi satu kesatuan ide berupa kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas.
Misalnya :
       Bunga mawar berwarna merah berada di taman itu sejak lama. Bunga anggrek pun juga ditanam oleh pemilik kebun itu. Serta bunga bougenville yang setiap musim kemarau bunganya menarik tetap dipelihara. Taman itu pun menjadi indah karena bunga beraneka macam dirawat di situ.

Pengembangan Paragraf
Paragraf di atas terdiri dari empat kalimat. Kalimat pertama sampai kalimat ketiga merupakan kalimat penjelas. Kalimat keempat merupakan kalimat utama. Kalau hanya terdiri dari satu kalimat, paragraf itu belum sempurna karena belum mempunyai kalimat utama. Paling tidak sebuah paragraf mengandung beberapa kalimat penjelas dan satu kalimat utama.

1. Pengembangan paragraf yang paling sederhana berdasarkan fungsinya. Paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup.
Misalnya:
Paragraf Pembuka
Sekarang ini tanggal 16 Agustus 2012, sehari lai tepatnya kita memperingati hari kemerdekaan. Bangsa Indonesia termasuk kita ini sudah merdeka 67 tahun. Bagi sebuah bangsa tentu ini waktu yang tidak lama. Dan bangsa ini mempunyai kekayaan yang berlimpah. Namun sudahkah kita menjadi bangsa merdeka? Apakah kemerdekaan itu kita memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) ini untuk kesejahteraan rakyat Indonesia?

Paragraf Isi
   Untuk menjawab apakah kita sudah merdeka? Merdeka dari penjajah negara lain ya. Namun kita belum merdeka dari kebodohan dan kemiskinan. Bhakan masih banyak saudara=saudara kita yang tidak mengenyam pendidikan. Juga masih banyak saudara-saudara kita hidup di bawah garis kemiskinan. Karena itu SDA kita masih dimanfaatkan bangsa lain bahkan kekayaan laut kita pun masih dicuri oleh bangsa lain. Bangsa kita masih ketinggalan dalam memanfaatkan kekayaan kita sehingga bangsa Indonesia masih  termasuk negara berkembang.

Paragraf Penutup
   Dengan demikian kita sangat berharap kalau geneasi muda kita akan lebih maju pengetahuannya, lebih menguasai teknologi untuk mengolah SDA untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Demikianlah pidato saya saat memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia ke 67 ini. Salam Merdeka!

2. Berdasarkan isinya, paragraf dibagi paragraf narasi, paragraf eksposisi, paragraf deskripsi, paragraf argumentasi dan paragraf persuasi.
Misalnya:
Paragraf Narasi : Paragraf yang berisi cerita.

Paragraf Eksposisi, paragraf yang berisi penjelasan.

Paragraf Deskripsi, paragraf yang berisi gambaran atau lukisan.

Paragraf Argumentasi, paragraf yang berisi pendapat yang disertai alasan.

Paragraf Persuasi, paragraf yang berisi ajakan.


3. Berdasarkan letak kalimat utamanya, peragraf terdiri dari paragraf deduksi dan paragraf induksi.
Musalnya:
Paragraf Deduksi. Paragraf yang kalimat utamanya terdapat di awal paragraf.

Paragraf Induksi. Paragraf yang kalimat utamanya di akhir paragraf.

Latihan:
Pilihlah jawaban yang paling benar!
Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
    Anak ibu Yanto menderita kekurangan gizi. Ia sudah dua bulan dirawat di puskesmas setempat. Namun keadaannya masih belum membaik. Anaknya tersebut hanya bisa berbaring di tempat tidur. Di desa itu ada 6 anak penderita gizi buruk seperti anak ibu Yanto dari 25 anak balita yang ada. Jadi hampir 30% anak balita di desa itu menderita gizi buruk.
1. Kalimat utama pada paragraf di atas adalah ...
    A. Anak ibu Yanto menderita kekurangan gizi.
    B. Ia sudah dua bulan dirawat di puskesmas setempat.
    C. Namun keadaannya masih belum membaik.
    D. Anaknya tersebut hanya bisa berbaring di tempat tidur.
    E. Jadi hampir 30% anak balita di desa itu menderita gizi buruk.

2. Ide pokok paragraf di atas adalah ...
    A. Anak bu Yanto sakit.
    B. Masih ada penderita gizi buruk di desa itu.
    C. Penderita gizi buruk dirawat di puskesmas.
    D. Anak bu Yanto sudah dirawat dua bulan.
    E. Pasien hanya bisa berbaring di tempat tidur.

3. Paragraf di atas menggunakan penalaran ...
    A. induktif analogi            D. deduktif
    B. induktif pertentangan    E. induktif akibat sebab
    C. induktif generalisasi

Tangkaplah angin ebc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar